Sementara itu, di AS 1 dari 4 orang (atau sekitar 25% dari jumlah pendudu) adalah anggota koperasi. Lebih dari 30 koperasi punya penghasilan tahunan lebih dari 1 miliar dollar AS. Salah satu koperasi yang sangat besar adalah koperasi kredit (credit union) yang jumlah anggotanya mencapai sekitar 80 juta orang dengan rata-rata jumlah simpanannya 3000 dollar (Mutis, 2001). Di Negara Paman Sam ini koperasi kredit berperan penting terutama di lingkungan industri, misalnya dalam pemantauan kepemilikan saham karyawan dan menyalurkan gaji karyawan. Begitu pentingnya peran koperasi kredit ini sehingga para buruh di Amerika Serikat (seperti juga di Kanada) sering memberikan julukan koperasi kredit sebagai “bank rakyat”, yang dimiliki oleh anggota dan memberikan layanan kepada anggotanya pula (Mulyo, 2004). Selain di sektor kredit, koperasi di AS juga kuat di sektor-sektor lainnya termasuk, industri, pertanian dan enerji. Sekitar 90% lebih distribusi listrik desa di AS dikuasai oleh koperasi. Koperasi Sunkis di California mensuplai bahan dasar untuk pabrik Coca Cola, sehingga pabrik tersebut tidak perlu membuat kebun sendiri. Dengan demikian pabrik Coca Cola cukup membeli sunkis dari koperasi Sunkis yang dimiliki oleh para petani sunkis (Mutis, 2001).

Koperasi di AS terutama sangat penting di pertanian. Data 2002 menunjukkan bahwa pada tahun itu, ada sekitar 27 ribu lebih koperasi pertanian dengan sekitar 156,19 juta petani sebagai anggotanya (banyak dari mereka menjadi anggota dari lebih dari 1 koperasi. Jumlah ini paling besar di antara kelompok NM. Koperasi di pertanian terfokus pada kegiatan-kegiatan berikut ini: pemasaran produk-produk pertanian, pemasokan bahan baku/input, dan yang terkait dengan pelayanan-pelayanan petani lainnya. Mereka menguasai kurang lebih 28% hingga 30% pangsa pasar (Zeuli dan Cropp, 2005).[1]Beberapa koperasi pertanian yang sangat maju di AS adalah Agrilink, Cenex Harvest States, Dairy Farmers of America, Farmland, dan Land O’ Lakes.

Pada tahun 2002 jumlah koperasi di negara adi daya ini tercatat mencapai 48 ribu unit di hampir semua jalur bisnis, memberikan pelayanan kepada 120 juta anggota, atau sekitar 4 dari setiap 10 penduduk di negara tersebut.  100 koperasi terbesar di AS, diperingkat menurut omset, secara individu menciptakan paling sedikit 346 juta dollar AS dan dalam total mencapai 119 miliar dollar AS pada tahun tersebut (Zeuli dan Cropp, 2002) (Tabel 3).

Tabel 3: 100 Koperasi terbesar menurut Omset dan Sektor Bisnis di AS, 2002

Sektor Jumlah koperasi Omset (juta dollar AS)
PertanianPerdagangan besar/Groseri

Keuangan

Komunikasi enerji

Peringkat keras dan lumber

Lainnya

41

18

12

16

6

7

58

26,1

10,2

9,7

8,8

6,5

Sumber: Zeuli dan Cropp (2002).

Menurut ICA, di Kanada 4 dari setiap 10 orang (atau sekitar 33% dari jumlah populasinya) adalah anggota paling sedikit satu koperasi. Koperasi (termasuk koperasi kredit atau credit union) mengerjakan lebih dari 160 ribu orang. Gerakan koperasi the Desjardins (koperasi tabungan dan kredit) dengan lebih dari 5 juta anggota adalah pencipta kesempatan kerja terbesar di Propinsi Québec. Di propinsi ini sendiri, sekitar 70% dari jumlah penduduk adalah anggota koperasi, dan di Saskatchewan sekitar 55% dari jumlah populasinya.

Jumlah koperasi di negara tersebut mencapai 8800 unit yang mempekerjakan secara langsung 150 ribu orang. Di seluruh negara itu, sebanyak 250 ribu produsen mandiri tergantung pada pemasaran dan produksi koperasi untuk kehidupan mereka. Koperasi-koperasi di Kanada terutama sangat penting di perdesaan dan wilayah-wilayah terpencil, dimana mereka memenuhi kebutuhan produsen-produsen di pertanian, perikanan, kerajinan, dan manufaktur lainnya. Di sektor pertanian, banyak koperasi mendirikan industri pupuk dan di sektor pertambangan, banyak koperasi yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan pengeboran minyak bumi. Banyak koperasinya yang memiliki pangsa yang cukup besar di pasar global. Misalnya koperasi-koperasi gula menguasai sekitar 35% dari produksi gula dunia.

Koperasi-koperasi di Kanada memiliki aset dengan nilai lebih dari 20 miliar dollar Kanada, yang dimiliki oleh anggota dan masyarakat yang dilayaninya. Koperasi-koperasi non-keuangan menghasilkan omset mendekati 30 miliar dollar Kanada rata-rata/tahun. Lima besar koperasi non-keuangan di Kanada berdasarkan omset diperlihatkan di Tabel 4. Paling tidak, 7 koperasi masuk di dalam 500 besar perusahaan-perusahaan Kanada, dan sejumlah koperasi keuangan dinilai sebagai tempat terbaik untuk bekerja di negara itu.

Hal yang sangat menarik adalah bahwa, menurut suatu penelitian tahun 2001 yang dilakukan oleh Menteri Industri dan Perdagangan Québec (dikutip dari ICA), tingkat survival jangka panjang dari perusahaan-perusahaan koperasi hampir dua kali lipat dari perusahaan-perusahaan non-koperasi.

Tabel 4: Lima Besar Koperasi Non-Keuangan di Kanada berdasarkan Omset

Peringkat

Nama

Total Omset

Aset

Kegiatan Utama

2006

2005

($)

($)

1

1

Federated Co-operatives Limited.

5.413.759.000

2.682.699.000

Grosir, barang-barang konsumen, penyulingan minyak, bahan-bahan bangunan

2

2

La Coop fédérée

3.175.543.749

1.004.006.000

Makanan, minyak, bahan-bahan baku keperluan petani

3

3

Agropur Coopérative

2.284.117.000

845.342.000

Produk-produk makanan seperti susu dll.

4

4

United Farmers of Alberta Co-operative Limited

1.624.058.000

549.361.000

Minyak, bahan-bahan kebutuhan produksi pertanian/petani, bahan-bahan bangunan

5

5

Calgary Co-op Assn Ltd. (Alta.)

925.959.000

313.785.000

Supermarket, minyak, farmasi, biro perjalanan

Sumber: Pemerintah Kanada (http://www.agr.gc.ca/rcs-src/coop/index_e.php?s1=info_coop&page=intro).


[1] Di AS, kebanyakan koperasi adalah dalam bentuk perusahaan-perusahaan P.T., tetapi bentuk-bentuk legal lainnya juga digunakan. Ada banyak koperasi yang juga membayarkan dividen kepada anggota sesuai saham mereka di koperasi. Untuk koperasi-koperasi yang tidak mengeluarkan dividen, surplus dikembalikan ke anggota-anggotanya dalam bentuk bonus atau lainnya sesuai keterlibatan mereka di dalam koperasi.

Sumber :

http://www.fe.trisakti.ac.id/pusatstudi…/makalah%20seminar%202.doc